Pengembangan Modul Fisika Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pengukuran dan Gerak di Kelas X SMA/MA

Hafizah, Nisaul (2023) Pengembangan Modul Fisika Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Pengukuran dan Gerak di Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Nisaul_Hafizah_17033142_317_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya tingkat berpikir kreatif siswa dan bahan ajar yang ada belum memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa. Solusi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan modul pembelajaran Fisika mengintegrasikan kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, praktikalitas dan efektivitas dari modul pembelajaran Fisika pada materi Hukum Newton kelas X SMA Penelitian yang dilakukan termasuk jenis research and development. Objek dari penelitian adalah Modul Fisika yang di uji cobakan kepada siswa kelas X SMA. Instrumen data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas dan lembar uji efektivitas berupa tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk, analisis efektivitas produk. Berdasarkan analisis data yang digunakan, maka diperoleh tiga hasil penelitian yaitu pertama, modul pembelajaran Fisika memiliki validitas sebesar 71 dengan kategori valid. Kedua, nilai praktikalitas oleh guru dan siswa, rata-rata nilai praktikalitas guru pada modul sebesar 84% dengan kategori sangat praktis dan rata-rata praktikalitas siswa pada modul sebesar 89% dengan kategori sangat praktis. Ketiga, modul fisika mengintegrasikan kemampuan berpikir kreatif sudah efektif digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran untuk memfasilitasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 May 2024 09:01
Last Modified: 02 May 2024 09:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51691

Actions (login required)

View Item View Item