Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Hijau Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Fase E

Zai, Nestalista Forniat (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Hijau Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Fase E. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_NESTALISTA_FORNIAT_ZAI_19035176_1456_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pembelajaran yang masih cenderung berpusat pada guru, kemampuan komunikasi, bekerjasama, kreatif inovatif, berpikir kritis, dan pemecahan masalah masih belum tercapai sepenuhnya, kemudian belum adanya LKPD khususnya pada materi kimia hijau yang dapat meningkatkan kemampuan masalah peserta didik, serta peserta didik kesulitan dalam memahami konsep dan penerapan dari materi kimia hijau. Sehingga penelitian bertujuan mengembangkan bahan ajar (LKPD) kimia hijau berbasis Problem Based Leaning (PBL), serta mengungkapkan validitas dan praktikalitas LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D. Empat fase pada model 4-D yaitu tahapan define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop, untuk tahap disseminate tidak dilaksanakan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara, angket validasi dan praktikalitas. Uji validitas LKPD divalidasi oleh 5 validator diantaranya 3 dosen kimia FMIPA UNP dan 2 guru kimia SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Untuk uji praktikalitas dilakukan di SMA Pembangunan Laboratorium UNP dengan 2 guru kimia dan 24 peserta didik fase F. Hasil data validasi dianalisi menggunakan indeks Aiken’s V sedangkan data praktikalitas dianalisis menggunakan perbandingan nilai peroleh dengan nilai maksimum ideal dari responden. Berdasarkan hasil analisis data validitas, dapat disimpulkan bahwa LKPD kimia hijau berbasis problem based learning yang dihasilkan sudah valid dengan rata-rata nilai V sebesar 0,89. Untuk hasil analisis uji praktikalitas guru didapatkan rata-rata NP sebesar 99% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji praktikalitas peserta didik diperoleh rata-rata NP sebesar 83% dengan kategori praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlizar, AlizarUNSPECIFIED
CorrectorSuryani, OktaUNSPECIFIED
CorrectorHardeli, HardeliUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 May 2024 08:36
Last Modified: 02 May 2024 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51689

Actions (login required)

View Item View Item