Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) Tentang Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Fase E SMA

Arfi, Nabila Rahmadania (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) Tentang Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Fase E SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Nabila_Rahmadania_Arfi_19031031_2042_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan kurikulum merdeka adalah untuk menjawab permasalahan pendidik terdahulu, untuk itu dibutuhkan media pembelajaran yang tepat dengan model yang sesuai untuk mendukung kemajuan. Penerapan kurikulum merdeka menuntut peserta didik memiliki kemampuan menyelesaikan masalah melalui media pembelajaran yang berkualitas. Media pembelajaran yang sering digunakan oleh guru di SMAN 8 Padang LKPD, namun LKPD yang digunakan oleh guru belum berbasis PBL. Hasil dari wawancara dan observasi pada peserta didik, kemampuan peserta didik dalam pemahaman materi klasifikasi makhluk hidup masih rendah dan peserta didik menganggap materi tersebut sulit. Oleh karena itu, dikembangkan LKPD berbasis PBL tentang klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan Four-D Models yang dimodifikasi menjadi 3-D yang terdiri dari 3 tahap yaitu: define, design, dan develop. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara untuk guru, angket observasi peserta didik, angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Pada tahap pendefinisian dilakukan pengumpulan data dengan mewawancarai satu orang guru biologi dan penyebaran angket observasi peserta didik kepada 36 peserta didik Fase E SMA N 8 Padang. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis awal-akhir, maka LKPD yang dikembangkan adalah LKPD berbasis PBL pada materi klasifikasi makhluk hidup. Bahan ajar dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Peserta didik menyukai bahan ajar yang memiliki gambar, berwarna dan materi pelajaran yang jelas. Hasil validitas LKPD berbasis PBL adalah 88,13% (sangat valid) dan hasil uji praktikalitas adalah 88,63% (sangat praktis). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan LKPD berbasis PBL materi klasifikasi makhluk hidup yang sangat valid dan sangat praktis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 May 2024 04:12
Last Modified: 02 May 2024 04:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51679

Actions (login required)

View Item View Item