Analisis Pemahaman Konsep dan Penyebab Miskonsepsi Siswa Menggunakan Five-Tier Multiple Choice Test pada Materi Fluida Statis

Carnesia, Mita (2023) Analisis Pemahaman Konsep dan Penyebab Miskonsepsi Siswa Menggunakan Five-Tier Multiple Choice Test pada Materi Fluida Statis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Mita_Carnesia_19033042_2761_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi adalah kekeliruan dalam memahami konsep materi pembelajaran yang dapat menyebabkan ketidakcocokan antara konsep yang dimiliki oleh seseorang dengan konsep ilmiah atau konsep yang dimiliki para ilmuwan, Miskonsepsi dapat menghambat kemajuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis dan menganalisis penyebab terjadinya miskonsepsi pada peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen fivetier mutiple choice test yang terdidiri dari 14 butir soal pilihan ganda lima tingkat. Responden atau sampel dalam penelitian ini sebanyak 213 peserta didik yang berasal dari tiga sekolah berbeda yang memiliki kategori sekolah rendah, sedang dan tinggi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan paham konsep tertinggi pada materi hukum utama hidrostatis yakni sebanyak 54 peserta didik, Pada kategori paham konsep sebagian pada materi viskositas yakni 128 peserta didik, Miskonsepsi tertinggi dialami peserta didik pada materi konsep hukum Archimedes sebanyak 144 peserta didik Dan kategori tidak paham konsep tertinggi pada materi hukum utama hidrostatis yakni 37 peserta didik. Paham konsep berada pada kategori rendah di setiap sekolah, paham konsep sebagian tertinggi berada di sekolah kategori tinggi diikuti sekolah kategori rendah dan sekolah kategori sedang, Miskonsepsi tertinggi terjadi di sekolah kategori rendah, tidak paham konsep berada pada kategori rendah di setiap sekolah. Penyebab utama terjadinya miskonsepsi yaitu pemikiran pribadi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 May 2024 04:12
Last Modified: 02 May 2024 04:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51678

Actions (login required)

View Item View Item