Carnesia, Mita
(2023)
Analisis Pemahaman Konsep dan Penyebab Miskonsepsi Siswa
Menggunakan Five-Tier Multiple Choice Test pada Materi
Fluida Statis.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Miskonsepsi adalah kekeliruan dalam memahami konsep materi
pembelajaran yang dapat menyebabkan ketidakcocokan antara konsep yang
dimiliki oleh seseorang dengan konsep ilmiah atau konsep yang dimiliki para
ilmuwan, Miskonsepsi dapat menghambat kemajuan pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida
statis dan menganalisis penyebab terjadinya miskonsepsi pada peserta didik.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen fivetier
mutiple
choice
test
yang
terdidiri
dari
14
butir
soal
pilihan
ganda
lima
tingkat.
Responden
atau sampel dalam penelitian ini sebanyak 213 peserta didik yang
berasal dari tiga sekolah berbeda yang memiliki kategori sekolah rendah, sedang
dan tinggi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik
purposive sampling.
Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan paham konsep tertinggi
pada materi hukum utama hidrostatis yakni sebanyak 54 peserta didik, Pada
kategori paham konsep sebagian pada materi viskositas yakni 128 peserta didik,
Miskonsepsi tertinggi dialami peserta didik pada materi konsep hukum
Archimedes sebanyak 144 peserta didik Dan kategori tidak paham konsep
tertinggi pada materi hukum utama hidrostatis yakni 37 peserta didik. Paham
konsep berada pada kategori rendah di setiap sekolah, paham konsep sebagian
tertinggi berada di sekolah kategori tinggi diikuti sekolah kategori rendah dan
sekolah kategori sedang, Miskonsepsi tertinggi terjadi di sekolah kategori rendah,
tidak paham konsep berada pada kategori rendah di setiap sekolah. Penyebab
utama terjadinya miskonsepsi yaitu pemikiran pribadi peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |