Pengaruh E-LKS Perubahan Iklim pada Pemanasan Global Terintegrasi Model PBL Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa

Novia, Merry (2023) Pengaruh E-LKS Perubahan Iklim pada Pemanasan Global Terintegrasi Model PBL Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_MERRY_NOVIA_19033040_1397_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dalam kurikulum merdeka melibatkan kondisi yang merdeka dalam memenuhi tujuan, metode, materi dan evaluasi pembelajaran baik guru maupun siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penguasaan konsep dan keterampilan berkomunikasi siswa dalam pembelajaran fisika di SMAN 1 Padang. Hal ini disebabkan karena pada proses pembelajaran guru belum menggunakan model pembelajaran dan teknologi yang sesuai dengan karakteristik materi sehingga siswa pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan E-LKS perubahan iklim pada pemanasan global terintegrasi model PBL terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berkomunikasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki pengaruh E-LKS perubahan iklim pada pemanasan global terintegrasi model PBL terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berkomunikasi siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Padang yang terdaftar pada semester dua tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik randong sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas X.7 sebagai kelas kontrol dan kelas X.8 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah tes tertulis dan penilaian kinerja. Data aspek yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan data untuk aspek penguasaan konsep dan keterampilan komunikasi siswa. Hasil analisis aspek penguasaan konsep dan keterampilan komunikasi menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima pada taraf signifikansi 0,05. Analisis data hasil belajar aspek penguasaan konsep dan keterampilan berkomunikasi dengan rata-rata berturut-turut adalah 88.19 dan 80.20. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan E-LKS perubahan iklim pada pemanasan global terintegrasi model PBL memberikan pengaruh yang berarti terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berkomunikasi siswa kelas X SMAN 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Apr 2024 08:19
Last Modified: 30 Apr 2024 08:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51659

Actions (login required)

View Item View Item