Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning untuk Menunjang Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Titrasi Asam Basa Fase F SMA

Rahma, Miftahur (2024) Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning untuk Menunjang Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Titrasi Asam Basa Fase F SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Miftahur_Rahma_19035092_2236_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis project based learning untuk menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada materi titrasi asam basa fase F SMA yang dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran berdiferensiasi pada materi titrasi asam basa. LKPD ini dibuat berdasarkan anatomi project based learning menurut Grant (2002) dan didalamnya memuat sintak project based learning menurut The George Lucas Educational Foundation (2005). Penelitian ini berjenis Educational Design Research menggunakan model pengembangan Plomp dan dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V. Uji validitas dilakukan oleh 5 orang validator dan uji One to one evaluation dilakukan oleh 9 orang siswa. Uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru kimia dan 31 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan angket praktikalitas. Hasil pengolahan data validitas didapatkan pada komponen isi sebesar 0,90 dengan kategori valid, komponen penyajian sebesar 0,90 dengan kategori valid, komponen kebahasaan sebesar 0,91 dengan kategori valid dan komponan kegrafikan sebesar 0,89 dengan kategori valid dengan rata-rata validitas sebesar 0,89 yang termasuk dalam kategori valid. Selanjutnya, hasil uji praktikalitas menunjukkan bahwa siswa menilai LKPD dengan rata-rata praktikalitas sebesar 87,99% yang tergolong sangat praktis. Sedangkan guru menilai LKPD dengan rata-rata nilai kepraktisan sebesar 92,92% tergolong sangat praktis. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis project based learning untuk menunjang pembelajaran berdiferensiasi pada materi titrasi asam basa adalah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
CorrectorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Apr 2024 08:19
Last Modified: 30 Apr 2024 08:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51658

Actions (login required)

View Item View Item