Pengaruh Aditif Monoethanolamine dan Waktu Kalsinasi pada Sintesis dan Karakterisasi Copper Tin Oxide (CuSnO3 ) dengan Metode Sol-Gel

Yulfitrianti, Marlina (2024) Pengaruh Aditif Monoethanolamine dan Waktu Kalsinasi pada Sintesis dan Karakterisasi Copper Tin Oxide (CuSnO3 ) dengan Metode Sol-Gel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_Marlina_Yulfitrianti_19036020_1261_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengolahan limbah merupakan teknologi yang penting untuk kehidupan manusia dan lingkungan secara global. Limbah cair adalah permasalahan yang cukup besar, terutama limbah yang dihasilkan dari industri tekstil. Untuk mengatasinya telah dilakukan beberapa cara, penggunaan fotokatalis merupakan salah satu cara yang efektif dalam pengolahan limbah cair. Fotokatalis mengubah energi cahaya menjadi energi kimia, material digunakan sebagai fotokatalis pengolahan limbah yang umumnya merupakan semikonduktor, diantaranya TiO 2 , WO 3 , dan SnO 2. Tembaga timah oksida CuSnO 3 (CSO) adalah semikonduktor oksida amorf dengan celah pita 2,0–2,5 eV. Metode yang digunakan sol gel dengan penambahan salah satu zat aditif yang umum digunakan yaitu Monoethanolamine (MEA). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan Pengaruh variasi aditif monoethanolamine dan variasi waktu optimum terhadap Copper Tin Oxide (CuSnO 3 ) Dengan Metode Sol Gel. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengumpulkan data dari riset sebelumnya kemudian melakukan riset dengan metode dan objek yang divariasikan. Hasil karakterisasi sintesis Copper Tin Oxide (CuSnO 3 ) menggunakan metode sol gel dengan variasi penambahan aditif monoethanolamine (MEA) didapatkan nilai band gap maksimum yaitu 3,36 ev dengan penambahan aditif monoethanolamine (MEA) 1,5 mL. Hasil penelitian menggunakan karakterisasi UV-DRS terhadap CuSnO 3 menggunakan metode sol gel dengan variasi waktu kalsinasi 2 jam, 4 jam dan 6 jam didapatkan nilai band gap optimum yaitu 3,10 Ev dengan waktu kalsinasi 2 jam. Hasil menggunakan XRD didapatkan ukuran partikel berkisar 40,10 – 50,02 nm dan didapatkan derajat kristalinitas berkisar 13,40%-21,48%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSanjaya, HaryUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AnandaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:19
Last Modified: 30 Apr 2024 03:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51635

Actions (login required)

View Item View Item