Sari, Widya Indah Permata (2024) Korelasi Antara Sikap dan Motivasi Belajar Peserta Didik terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Geografi Kelas X di SMA Negeri 1 Palupuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_01_WIDYA_INDAH_PERMATA_SARI_19045109_1996_2024.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Korelasi antara sikap peserta didik terhadap hasil belajar pada pembelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 1 palupuh, 2). Korelasi antara motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar pada pembelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 1 Palupuh, 3). korelasi yang simultan antara sikap dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada pembelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 1 Palupuh. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X di SMA Negeri I Palupuh sebanyak 91 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Korelasi adalah cara yang digunakan untuk menentukan keeratan hubungan antara dua atau lebih variabel berbeda yang digambarkan dengan ukuran koefisien korelasi.Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji realibilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat korelasi yang positif dan signifikan dengan kekuatan interpretasi koefisien korelasinya sedang, antara sikap peserta didik terhadap hasil belajar pada pembelajaran geografi kelas X di SMA N 1 Palupuh. Hal ini ditunjukkan dari nilai rhitung sikap peserta didik terhadap hasil belajar lebih besar dari rtabel (0,459 >0,207) Artinya sikap peserta didik pada mata pelajaran geografi memberikan sumbangan sebesar 45,9 % terhadap hasil belajar. (2) terdapat korelasi yang positif dan signifikan dengan kekuatan interpretasi koefisien korelasinya kuat antara motivasi belajar Peserta Didik terhadap hasil belajar pada pembelajaran geografi kelas X di SMA N 1 Palupuh. Hal ini ditunjukkan dari nilai rhitung motivasi belajar terhadap hasil belajar lebih besar dari rtabel (0.646>0.207) Artinya motivasi belajar pada mata pelajaran geografi memberikan sumbangan sebesar 64,6% terhadap hasil belajar. (3) terdapat korelasi yang positif dan signifikan dengan kekuatan interpretasi koefisien korelasinya kuat antara sikap dan motivasi belajar peserta didik terhadap hasil belajar pada pembelajaran geografi kelas X di SMA N 1 Palupuh. Hal ini ditunjukkan dari koefisien korelasi atau R sebesar 0.704 (0.704 >0.207) yang berarti sikap peserta didik dan motivasi belajar pada mata pelajaran geografi bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 70,4% terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | SIKAP DAN MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR | ||||||||||||
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Fitri Yelli | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Apr 2024 03:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 Apr 2024 03:19 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51631 |
Actions (login required)
View Item |