Peningkatan Kemampuan Bermain Pianika dengan Model Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka di Kelas IV SD Negeri 16 Padang Besi

Onalisa, Onalisa (2024) Peningkatan Kemampuan Bermain Pianika dengan Model Project Based Learning pada Kurikulum Merdeka di Kelas IV SD Negeri 16 Padang Besi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_ONALISA_19129274_842.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan rendahnya kemampuan peserta didik terhadap alat musik pianika pada pembelajaran seni musik. Penyebab dari masalah tersebut adalah belum tercapainya stimulus peserta didik, peserta didik kurang konsentrasi dalamm mengikuti pembelajaran. Sehingga berdampak terhadap rendahnya kemampuan peserta didik dalam dalam bermain alat musik pianika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan bermain pianika dengan model project based learning pada pembelajaran seni musik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus, dimana siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus mempunyai 4 tahap yaitu; (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Pengamatan; dan (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 16 Padang Besi pada semester II Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebagai observer, peneliti sebagai praktisi dan peserta didik kelas IV SDN 16 Padang Besi sebanyak 30 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini dibuktikan pada siklus I dalam modul dengan rata-rata 91,6% dengan kualifikasi sangat baik (SB), dan pada siklus II meningkat menjadi 95,8% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 89,5% dengan kualifikasi baik (B), dan meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Penilaian pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 89,5% dengan kualifikasi baik (B), dan meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model project based learning dapat meningkatkan kemampuan belajar bermain pianika pada pembelajaran seni musik di SDN 16 Padang Besi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Bermain Pianika Model Project Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 30 Apr 2024 00:41
Last Modified: 30 Apr 2024 00:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51616

Actions (login required)

View Item View Item