Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data di kelas V SDN Gugus III Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung

Dhea, Fadisya Ivana (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penyajian Data di kelas V SDN Gugus III Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_FADISYA_IVANA_DHEA_19129113_2538.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang bersifat teacher centered sehingga peserta didik menjadi pasif saat belajar, selain itu guru kurang maksimal dalam menggunakan model pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan antusias peserta didik dalam belajar. Oleh sebab itu permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah, “Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran matematika materi penyajian data di kelas V SD? Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi-eksperimen design), dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika materi penyajian data di kelas V SD. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN Gugus III Kecamatan Koto VII Kabupaten Sijunjung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster Random Sampling. Desain Quasi Eksperiment yang digunakan adalah Nonequivalaent Control Group Design. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan instrumen tes. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pada materi pembelajaran penyajian data. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan statistik uji t yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dengan taraf signifikan 5% (0,05). Hasil posttest peserta didik pada pembelajaran matematika materi penyajian data menunjukan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 80,00 (kelas eksperimen) dan 64,77 (kelas kontrol). Hasil analisis data dari pengujian hipotesis menunjukan thitung = 3,8055 dan ttabel = 2,2021. Sehingga thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorAlwi, Nur AzmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:27
Last Modified: 29 Apr 2024 08:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51612

Actions (login required)

View Item View Item