Metode Pembiasaan dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Kelas IV SD Negeri 27 Kasiak Putiah Kecamatan Sangir

Surmanela, Surmanela (2024) Metode Pembiasaan dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Kelas IV SD Negeri 27 Kasiak Putiah Kecamatan Sangir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_SURMANELA_19329052_1983_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Metode Pembiasaan Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Kelas IV SD Negeri 27 Kasiak Putiah Kecamatan Sangir. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field researc). Pendekatan penelitian lapangan (fiels researc).yaitu prosedur penelitian yang berupa kata-kata tertulis dan lisan dari informan yang sudah di tetapkan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Guru Pendidikan Agama Islam, Wali Kelas, Kepala Sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan Metode wawancara, Observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudia di analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi Sumber, yang mana peneliti membandingkannya dengan buku-buku, jurnal dan semua referensi yang terkait dengan metode pembiasaan dalam upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam pada kelas IV SD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembiasaan dalam upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam Pada kelas IV SD Negeri 27 Kasiak Putiah. Pendekatan metode pembiasaan yaitu dengan cara mempraktekkan wudhu dan sholat merupakan cara yang sangat efektif untuk melibatkan siswa dalam mempermudah mereka mengingat dan memahami pelajaran. Dengan kemampuan tenaga pengajar yang cukup berkompeten dan memiliki kualitas yang sangat baik, sehingga penerapan metode pembiasaan yang telah dilaksanakan dinilai sudah meningkat. Peningkatan tersebut dapat dilihat dengan perolehan nilai sebelum dan sesudah menggunakan metode pembiasaan. Sebelum menggunakan metode pembiasaaan nilai siswa rendah sedangkan setelah menggunakan metode pembiasaan nilai siswa mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode pembiasaan di kelas IV SD Negeri 27 Kasiak Putiah dinilai telah sukses

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRivauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorWiza, RahmiUNSPECIFIED
CorrectorMurniyetti, MurniyettiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBIASAAN, HASIL BELAJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Apr 2024 00:41
Last Modified: 30 Apr 2024 00:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51611

Actions (login required)

View Item View Item