Ramadhanti, Novika (2024) Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Stres Akademik Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_05_NOVIKA_RAMADHANTI_19006191_392.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Stres akademik terjadi jika tuntutan/tekanan semakin meningkat, apalagi jika tidak terdapat kesesuaian antara tuntutan dengan perolehan siswa. Individu yang menerima dukungan sosial yang baik dari lingkungannya, maka akan mampu mengatasi stres yang dialaminya. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan gambaran dukungan sosial orangtua, (2) mendeskripsikan gambaran stres akademik siswa, dan (3) mengidentifikasi hubungan yang signifikan antara dukungan sosial orangtua dengan stres akademik siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dan korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 904 siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel sebanyak 278 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dukungan sosial orangtua sebanyak 21 item yang sudah di uji validitasnya serta diuji reliabilitasnya yaitu sebesar 0,947 dan angket stres akademik siswa sebanyak 25 item. Data diolah menggunakan teknik analisis persentase dan untuk uji hubungan data analisis menggunakan rumus spearman’s rho. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Dukungan Sosial orangtua rata-rata berada pada kategori tinggi dengan persentase (76,44%), (2) Stres Akademik Siswa rata-rata berada pada kategori sedang dengan persentase (58,48%), (3) Hasil analisis korelasi terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara Dukungan Sosial Orangtua (X) dengan Stres Akademik Siswa (Y) dengan nilai r hitung sebesar -0, 521 dengan taraf signifikansi sebesar <0,001 pada tingkat hubungan yang sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini, guru BK dapat memberikan layanan Bimbingan dan Konseling untuk mengembangkan dukungan sosial orangtua yaitu dengan memberikan layanan konseling kelompok pada orangtua siswa dan melakukan kegiatan kunjungan rumah dan mengatasi stres akademik siswa, yaitu layanan informasi, layanan konseling individual, layanan bimbingan kelompok, dan layanan konseling kelompok
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Dukungan Sosial Orangtua Stres Akademik Siswa | ||||||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs. Melinda Febrianti, S.IP | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Apr 2024 08:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Apr 2024 08:26 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51608 |
Actions (login required)
View Item |