Tingkat Kepuasan Mahasiswa Mengikuti Konseling Individual di Pusat Layanan Bimbingan dan Konseling UNP

Anggraini, Nia (2024) Tingkat Kepuasan Mahasiswa Mengikuti Konseling Individual di Pusat Layanan Bimbingan dan Konseling UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_NIA_ANGGRAINI_19006024_318.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pusat Layanan Bimbingan dan Konseling UNP memegang peran penting dalam membantu mahasiswa mencari jalan keluar dari hal yang mengganggu pikirannya dan mewujudkan KES (kehidupan efektif sehari-hari). Kualitas Pusat Layanan Bimbingan dan Konseling dapat dilihat dari kepuasan mahasiswa yang telah mengikuti layanan, salah satunya yaitu layanan konseling individual. Bantuan yang telah diberikan oleh konselor melalui Pusat Layanan Bimbingan Konseling pada saat ini dapat dilihat baik, namun ada beberapa mahasiswa yang telah mengikuti konseling individual kurang terbuka menceritakan hal yang mengganggu pikirannya karena merasa ruang konseling yang kurang kedap suara dan juga mahasiswa kurang termotivasi mengikuti layanan karena jadwal konseling yang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikam tingkat kepuasan mahasiswa setelah mengikuti konseling individual di Pusat Layanan Bimbingan dan Konseling UNP. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa yang telah mengikuti konseling individual di Pusat Layanan Bimbingan dan Konseling UNP pada tahun 2020 hingga 2022 yang berjumlah 321 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 150. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket tingkat kepuasan mengikuti konseling individual yang dibuat dalam bentuk google from. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kepuasan mahasiswa mengikuti konseling individual sebagian besar berada pada kategori sangat puas dengan persentase 57% dan ditinjau berdasarkan: 1) tingkat kepuasan mahasiswa setelah mengikuti konseling individual dilihat dari aspek reliability (kehandalan) berada pada kategori puas dengan rata-rata skor 75 (50%), 2) tingkat kepuasan mahasiswa setelah mengikuti konseling individual dilihat dari aspek responsiveness (daya tanggap) berada pada kategori sangat puas dengan rata-rata skor 66 (44%), 3) tingkat kepuasan mahasiswa setelah mengikuti konseling individual dilihat dari aspek assurance (jaminan) berada pada kategori puas dengan rata-rata skor 64 (43%), 4) tingkat kepuasan mahasiswa setelah mengikuti konseling individual dilihat dari aspek emphaty (empati) berada pada kategori sangat puas dengan rata-rata skor 76 (51%), 5) tingkat kepuasan mahasiswa setelah mengikuti konseling individual dilihat dari aspek tangibles (bukti fisik) berada pada kategori puas dengan rata-rata skor 73 (49%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorPutriani, LisaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Mahasiswa Konseling Individual Pusat Layanan Bimbingan dan Konseling UNP
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:26
Last Modified: 29 Apr 2024 08:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51607

Actions (login required)

View Item View Item