Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Power Point (PPT) yang Disisipi Video terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Sel

Saragih, Lena Rista (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Power Point (PPT) yang Disisipi Video terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Sel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Lena_Rista_Saragih_19031025_723_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penguasaan konsep peserta didik Fase F SMA Negeri 8 Padang pada pembelajaran Biologi belum memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dikarenakan pengelolaan waktu yang tidak sesuai dengan modul ajar serta kondisi peserta didik yang berbeda-beda. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil ulangan harian peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan model disccovery learning berbantuan power point (ppt) yang disisipi video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan power point (ppt) yang disisipi video terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi sel. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik fase F di SMA Negeri 8 Padang. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas, F3 merupakan kelas eksperimen dan F5 merupakan kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes soal pilihan ganda sebanyak 19 soal. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil penguasaan konsep peserta didik lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (80,06) dan kelas kontrol (75,2). Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikan 2-tailed yaitu 0,018 dan 0,020 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan model pembelajaran discovery learning berbantuan power point (ppt) yang disisipi video berpengaruh positif terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi sel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Apr 2024 08:25
Last Modified: 29 Apr 2024 08:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51603

Actions (login required)

View Item View Item