Saragih, Lena Rista
(2023)
Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Power
Point (PPT) yang Disisipi Video terhadap Penguasaan
Konsep Peserta Didik pada Materi Sel.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penguasaan konsep peserta didik Fase F SMA Negeri 8 Padang pada
pembelajaran Biologi belum memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
(KKTP) dikarenakan pengelolaan waktu yang tidak sesuai dengan modul ajar serta
kondisi peserta didik yang berbeda-beda. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil
ulangan harian peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan
menerapkan model disccovery learning berbantuan power point (ppt) yang disisipi
video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery
learning berbantuan power point (ppt) yang disisipi video terhadap penguasaan
konsep peserta didik pada materi sel.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi
Experimental) dengan rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik fase F di SMA Negeri 8
Padang. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas, F3 merupakan kelas
eksperimen dan F5 merupakan kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini diambil
dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes soal
pilihan ganda sebanyak 19 soal. Data dianalisis menggunakan uji independent
sample t-test.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil penguasaan
konsep peserta didik lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan kelas
kontrol. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (80,06) dan kelas kontrol (75,2).
Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikan 2-tailed yaitu 0,018 dan 0,020 < 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan model pembelajaran discovery
learning berbantuan power point (ppt) yang disisipi video berpengaruh positif
terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi sel.
Actions (login required)
|
View Item |