Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Perilaku Asertif Siswa

Taradipa, Arin (2024) Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Perilaku Asertif Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ARIN_TARADIPA_19006063_437.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perilaku asertif seseorang terhadap orang lain rentan terjadi pada remaja. Remaja khawatir untuk bertindak asertif karena takut dianggap tidak sopan, sombong, atau menyakiti perasaan orang lain. Perilaku asertif merupakan kemampuan untuk mengomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain namun dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan orang lain. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku asertif adalah kematangan emosi. Individu yang matang secara emosional mampu mengungkapkan apa yang mereka rasakan, mampu mengungkapkan pendapatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kematangan emosi siswa di SMA Adabiah 1 Padang, mendeskripsikan perilaku asertif siswa di SMA Adabiah 1 Padang, menguji apakah terdapat hubungan kematangan emosi dengan perilaku asertif siswa di SMA Adabiah 1 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa SMA Adabiah 1 Padang yang berjumlah 786 orang siswa yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 266 orang siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket kematangan emosi dan perilaku asertif. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan rumus persentase dan teknik korelasional dengan Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kematangan emosi siswa pada umumnya berada pada kategori tinggi, perilaku asertif siswa pada umumnya berada pada kategori tinggi, dan terdapat hubungan positif dan signifikan antara kematangan emosi dengan perilaku asertif dengan nilai korelasi 0,234 dan nilai signifikan 0,000 yang artinya tingkat hubungan antara kedua variabel tersebut berada pada tingkat korelasi lemah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorHariko, RezkiUNSPECIFIED
CorrectorFebriani, Rahmi DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kematangan Emosi Perilaku Asertif Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2024 06:22
Last Modified: 29 Apr 2024 06:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51587

Actions (login required)

View Item View Item