Pengaruh Penerapan Sistem Absensi Online (ABON) Berbasis Aplikasi terhadap Disiplin Kerja Pegawai pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Dharmasraya

Aderizal, Safanissa Alifia (2024) Pengaruh Penerapan Sistem Absensi Online (ABON) Berbasis Aplikasi terhadap Disiplin Kerja Pegawai pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_SAFANISSA_ALIFIA_ADERIZAL_19042178_121_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem absensi online berbasis aplikasi terhadap disiplin kerja pegawai pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Dharmasraya. Latar belakang dari penelitian ini yaitu masih banyaknya ditemukan masalah disiplin kerja pegawai di OPD Kabupaten Dharmasraya, seperti kurangnya pegawai dalam memperhatikan ketepatan waktu untuk datang dan pulang kantor, adanya pegawai yang menunda-nunda pekerjaan dan juga sistem absensi online masih sering terjadi kendala seperti server down. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan perhitungan angka-angka. Variabel penelitian ini menggunakan variabel independent yaitu sistem absdensi online dan variabel dependen yaitu disiplin kerja. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Multistage Random Sampling. Total sampel pada penelitian ini berjumlah 61 pegawai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Analisis penelitian menggunakan uji regresi linear berganda dengan menggunakan software SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara perangkat keras terhadap disiplin kerja di OPD Kabupaten Dharmasraya. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara database terhadap disiplin kerja di OPD Kabupaten Dharmasraya. (3) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara prosedur terhadap disiplin kerja di OPD Kabupaten Dharmasraya. (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara personalia pengoperasian terhadap disiplin kerja di OPD Kabupaten Dharmasraya. (5) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan sistem absensi online terhadap disiplin kerja di OPD Kabupaten Dharmasraya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsir, SyamsirUNSPECIFIED
CorrectorAlhadi, ZikriUNSPECIFIED
CorrectorHelmi, Ramadhaona FitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SISTEM ABSENSI ONLINE, DISIPLIN KERJA PEGAWAI
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Apr 2024 06:22
Last Modified: 29 Apr 2024 06:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51586

Actions (login required)

View Item View Item