Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Solok Selatan

Lorenza, Puja Indah (2023) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_PUJA_INDAH_LORENZA_19016040_5736_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Solok Selatan. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Solok Selatan. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Solok Selatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 156 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 orang. Sampel penelitian diambil sebesar 30% menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Solok Selatan berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata hitung 77,93. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Solok Selatan berada pada kualifikasi baik dnegan rata-rata hitung 82,85. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Solok Selatan dengan 0,764 > 0,2940 dengan derajat kebebasan n-1 dan taraf signifakansi 95%. ditolak dan diterima karena (6.20 ) lebih besar daripada (1,68). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berkorelasi positif engan keterampilan menulis teks eksplanasi yang artinya antara kedua variabel sejajar yaitu semakin tinggi keterampilan membaca pemahaman, maka akan semakin tinggi pula keterampilan menulis teks eksplanasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorArief, ErmawatiUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 29 Apr 2024 04:06
Last Modified: 29 Apr 2024 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51584

Actions (login required)

View Item View Item