Efektivitas Video Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Menentukan Keliling Bangun Datar pada Anak Tunadaksa di SLB Insan Mulia Payakumbuh (Single Subject Riserch Kelas IX SLB Insan Mulia Payakumbuh ).

Davi, Najwa Rahmi (2024) Efektivitas Video Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Menentukan Keliling Bangun Datar pada Anak Tunadaksa di SLB Insan Mulia Payakumbuh (Single Subject Riserch Kelas IX SLB Insan Mulia Payakumbuh ). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_NAJWA_RAHMI_DAVI_20003131_1412.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang efektivkah media video pembelajaran berbasis etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan menentukan keliling bangun datar pada anak tunadaksa. Selain itu, media video pembelajaran berbasis etnomatematika ini tidak hanya meningkatkan kemampuan anak dalam menentukan keliling bangun datar namun penggunaan media video pembelajaran yang tepat dan bervariasi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar dan dapat mengurangi sikap pasif siswa. Video adalah media yang dapat dilihat oleh mata dan dapat didengar oleh telinga serta merupakan jenis media audio visual. Metode penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Variable penelitian ini meningkatkan kemampuan menentukan keliling bangun datar pada anak tunadaksa. Teknik dalam pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data berupa instrument ceklis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menentukan keliling bangun datar pada anak tunadaksa meningkat setelah menggunakan media video pembelajaran berbasis etnomatematika Dibuktikan dengan adanya peningkatan menentukan keliling bangun datar dari kondisi baseline ke kondisi intervensi setelah diberikan intervensi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurhastuti, NurhastutiUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Anak Tunadaksa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2024 04:02
Last Modified: 29 Apr 2024 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51570

Actions (login required)

View Item View Item