Meningkatkan Kemampuan Mengetik Sepuluh Jari dengan Metode Drill Berbasis Microsoft Word Pada Anak Tunarungu Kelas X dI SLBN 2 Padang ( Single Subject Research )

Ardiyus, Muhammad Fauzan (2024) Meningkatkan Kemampuan Mengetik Sepuluh Jari dengan Metode Drill Berbasis Microsoft Word Pada Anak Tunarungu Kelas X dI SLBN 2 Padang ( Single Subject Research ). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_MUHAMMAD_FAUZAN_ARDIYUS_17003018_1772.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemampuan mengetik sepuluh jari menggunakan metode drill yang berbasis Microsoft word pada anak tunarungu di SLBN 2 Padang. Subjek penelitian ini adalah anak tunarungu di kelas X SLBN 2 Padang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen A-B-A dan metodologi penelitian subjek tunggal. Tiga kondisi membentuk desain A-B-A: Baseline (A), Intervensi (B), dan Baseline (A2). Daftar periksa digunakan untuk memfasilitasi pengujian tindakan, wawancara, dan pengamatan selama proses pengumpulan data. Melalui penggunaan alat analisis visual grafis, data penelitian diperiksa. Kapasitas untuk mengetik dengan sepuluh jari meningkat setelah intervensi atau pengobatan dalam bentuk metode drill, sesuai dengan temuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan dalam 3 kondisi yang berbeda yaitu pertemuan pertama dinamakan dengan baseline (A1), yang kedua yaitu intervensi (B), dan yang ketiga baseline (A2). Kondisi pertama dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan, dan kondisi kedua dilakukan sebanyak 8 kali pertemuan, dan kondisi ketiga dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Pada saat kondisi awal anak sebelum diberikan perlakuan yaitu 30,55% dalam keadaan stabil sebanyak 4 kali pertemuan. Selanjutnya pada kondisi intervensi anak mendapatkan perolehan persentase yang beragam dimulai dari 64,58% dan menunjukkan keadaan stabil pada persentase 88,19%. Kemudian pada kondisi baseline (A2) anak memperolah nilai persentse 90,97% dan menunjukkan keadaan stabil pada persentase 94,44% sebanyak 3 kali pertemuan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMahdi, ArisulUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiaUNSPECIFIED
CorrectorIswari, MegaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Mengetik Metode Drill Anak Tunarungu
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2024 04:02
Last Modified: 29 Apr 2024 04:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51567

Actions (login required)

View Item View Item