Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI Fase F SMA Negeri 3 Padang

Oktavia, Intan (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI Fase F SMA Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Intan_Oktavia_19029024_348_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas XI Fase F SMA Negeri 3 Padang masih tergolong rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik serta mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang balajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasy experiment dengan rancangan Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Fase F SMA Negari 3 Padang tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampelnya dilakukan dengan Simple Random Sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelompok eksperimen adalah XI F 7 dan kelompok kontrol adalah XI F 9 sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk essay. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji Mann Whitney. Hasil penelitian ini menunjukkan (1), terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dalam hal (a) menghubungkan benda nyata, diagram, dan gambar ke dalam ide matematika; (b) menyatakan peristiwa seharihari dalam bentuk bahasa atau simbol matematika; dan (c) membuat konjektur, menyusun argumen, merumuskan definisi dan generalisasi; pada indikator satu, tiga, dan empat, sedangkan indikator dua mengalami penurunan dan peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa (2) kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPSq lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas XI Fase F SMA Negeri 3 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:58
Last Modified: 29 Apr 2024 03:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51565

Actions (login required)

View Item View Item