Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik di Kelas IX SMPN 22 Padang

Kamelina, Irhamiyah Kemil (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik di Kelas IX SMPN 22 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_IRHAMIYAH_KEMIL_KAMELINA_17029096_2297_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun, kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas IX SMPN 22 Padang masih rendah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas IX SMPN 22 Padang yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik daripada yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional dan mendiskripsikan perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan penelitian adalah Posttest Only Non-equivalent Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMPN 22 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2023/2024. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan kelas IX.F sebagai kelas eksperimen dan kelas IX.E sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji t. Data perkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik dianalisis menggunakan rata-rata, ketuntasan, dan pencapaian indikator pemahaman konsep pada kuis. Berdasarkan hasil analisis tes pemahaman konsep matematis dengan taraf nyata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDwina, FitraniUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:57
Last Modified: 29 Apr 2024 03:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51563

Actions (login required)

View Item View Item