Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan ELKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di Kelas XII IPS SMA Pertiwi 1 Padang

Oktavia, Israhmi (2023) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan ELKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di Kelas XII IPS SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Israhmi_Oktavia_19029025_631_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan kognitif dasar yang harus dikembangkan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran matematika karena merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah sangat penting khususnya dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di kelas XII IPS SMA Pertiwi 1 Padang masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning berbantuan E-LKPD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning berbantuan E-LKPD lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model konvensional di kelas XII IPS SMA Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperiment dengan rancangan penelitian The Nonequivalent Posstest-Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPS SMA Pertiwi 1 Padang dengan kelas XII IPS-1 dan XII IPS-3 sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dalam bentuk essay. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji-t, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning berbantuan E-LKPD lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang proses pembelajarannya menggunakan model konvensional di kelas XII IPS SMA Pertiwi 1 Padang. Dengan demikian, terdapat pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbantuan E-LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:57
Last Modified: 29 Apr 2024 03:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51562

Actions (login required)

View Item View Item