Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menjahit ToteBag (Tas Jinjing) Menggunakan Metode Drill(Latihan) Bagi Anak Tunagrahita Ringan (penelitian tindakan kelas di kelas XI SLB Luak Nan Bungsu)

Oktavia, Keci (2024) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menjahit ToteBag (Tas Jinjing) Menggunakan Metode Drill(Latihan) Bagi Anak Tunagrahita Ringan (penelitian tindakan kelas di kelas XI SLB Luak Nan Bungsu). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_KECI_OKTAVIA_18003015_2447.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangin oleh permasalahan yang peneliti temukan di SLB Luak Nan Bungsu kelas tunagrahita ringan kelas XI. Guru mengajarkan pembelajaran menjahit dengan menggunakan metode penugasan dan ceramah, dalam proses pembelajaran anak hanya memperhatikan gru saat menjelaskan cara menjahit totebag tersebut, namun belum optimalnya pemberian latihan yang kontiniu sampai di ketahui anak tersebut benar-benar memiliki keterampilan menjahit totebag. Saat memperhatikan penjelasan dari guru anak bisa melakukan tetapi bila disuruh sendiri anak tidak bisa melakukan apa yang dijelaskan guru. karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan dan mengetahui apakah metode drill dapat meningkatkan keterampilan vokasional menjahit totebag bagi anak tunagrahita ringan kelas XI di SLB Luak Nan Bungsu. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari empat kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu, tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan. Hasil yang diperoleh peserta didik menggunakan dua siklus yaitu nilai awal anak U 35%. Pada siklus I terjadi peningkatan yaitu menjadi 64%. Pada siklus II meningkat menjadi 82%. Pada anak O kondisi awal anak 28%. Pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 55%. Pada siklus II meningkat menjadi 55%. Dengan demikian dapat disimpulkan metode DRILL dapat meningkatkan kemampuan keterampilan menjahit totebag pada anak tunagrahita ringan kelas XI di SLB Luak Nan Bungsu. Dengan adanya penelitian ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan dalam keterampilan menjahit totebag

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMartiaz Z, Martiaz ZUNSPECIFIED
CorrectorMarlina, MarlinaUNSPECIFIED
CorrectorSopandi, Asep AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Vokasional Anak Tunagrahita Ringan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:57
Last Modified: 29 Apr 2024 03:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51559

Actions (login required)

View Item View Item