Meningkatkan Keterampilan Tata Rias Memasang Henna Pengantin Melalui Model Direct Instruction Untuk Anak Tunarungu Kelas X (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X/B SLB N 2 Padang)

Anggreni, Dwi Aprilia (2024) Meningkatkan Keterampilan Tata Rias Memasang Henna Pengantin Melalui Model Direct Instruction Untuk Anak Tunarungu Kelas X (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X/B SLB N 2 Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_DWI_APRILIA_ANGGRENI_18003006_1381.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang peneliti temukan di SLB N 2 Padang pada kelas tunarungu X B. Kemampuan siswa dalam keterampilan tata rias memasang henna pengantin belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Guru menerapkan keterampilan dengan cara memberikan alat dan bahan kepada siswa dan membiarkan siswa berkreasi dengan sendirinya Karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan dan mengetahui apakah model direct instruction dapat meningkatkan keterampilan tata rias memasang henna pengantin pada anak tunarungu kelas X/B di SLB N 2 Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang dirancang mulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes perbuatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pembelajaran merias henna pengantin yang telah dilakukan siswa. Dimana proses pembelajaran berjalan baik sesuai dengan perencanaan yang telah disusun. Hal tersebut dapat dibuktikan dari kemampuan awal siswa yang dalam kategori masih rendah, yakni dengan skor perolehan siswa A 30% dan T 25,6%. Setelah diberikan tindakan pada siklus I dan II kemampuan siswa meningkat secara optimal dan pembelajaran pun menjadi menyenangkan dengan perolehan skor A 85,71% dan T 96,42%. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa model direct instruction dapat meningkatan keterampilan merias henna pengantin pada siswa tunarungu kelas X

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdisal, ArdisalUNSPECIFIED
CorrectorBudi, SetiaUNSPECIFIED
CorrectorZulmiyetri, ZulmiyetriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Tata Rias Henna Pengantin Direct Instruction Anak Tunarungu
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Melinda Febrianti, S.IP
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:36
Last Modified: 26 Apr 2024 08:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51538

Actions (login required)

View Item View Item