Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang

Malinda, Ika (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Ika_Malinda_19029022_527_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan tujuan dari pembelajaran matematika yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk memperoleh solusi dari persoalan matematika yang dihadapi. Tetapi kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan peserta didik masih belum aktif dalam proses pembelajaran dan model pembelajaran belum mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 13 Padang dan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperiment dengan rancangan penelitian yaitu The non-equivalent posttest-only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, sehingga terpilih kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuis dan tes akhir kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil analisis data kuis menunjukkan adanya perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Padang selama diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorManda, Trysa GustyaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:35
Last Modified: 26 Apr 2024 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51535

Actions (login required)

View Item View Item