Pengembangan Modul Ajar Sistem Pernapasan dengan Project Based Learning disertai Latihan Teka-Teki Silang pada Fase F SMA

Triandini, Helga Reinetha (2023) Pengembangan Modul Ajar Sistem Pernapasan dengan Project Based Learning disertai Latihan Teka-Teki Silang pada Fase F SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_HELGA_REINETHA_TRIANDINI_19031081_901_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai bentuk pemulihan pendidikan dari ketertinggalan pembelajaran di Indonesia. Pada kurikulum merdeka terdapat modul ajar yang digunakan sebagai pengganti rencana pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan bahwa modul ajar yang digunakan oleh guru belum sesuai dengan kriteria modul ajar pada kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul ajar sistem pernapasan dengan Project Based Learning disertai latihan teka-teki silang pada fase F SMA yang valid dan terbaca. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop dan disseminate. Karena adanya keterbatasan waktu dan biaya, penelitian ini hanya menggunakan tiga tahapan yaitu define, design, dan develop. Subjek penelitian ini terdiri dari dua orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP dan dua orang guru biologi SMAN 1 X Koto. Objek penelitian ini adalah modul ajar sistem pernapasan dengan Project Based Learning disertai latihan teka-teki silang pada fase F SMA. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar wawancara guru, lembar observasi peserta didik, lembar uji validitas dan lembar uji keterbacaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh modul ajar sistem pernapasan dengan Project Based Learning disertai latihan teka-teki silang pada fase F SMA yang ditinjau dari uji validitas memiliki kriteria sangat valid dengan nilai 92,78%. Hasil uji keterbacaan memiliki kriteria sangat terbaca dengan nilai 94,29%. Dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan Modul Ajar Sistem Pernapasan dengan Project Based Learning disertai Latihan Teka-Teki Silang pada Fase F SMA yang valid dan terbaca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, RahmawatiUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:56
Last Modified: 26 Apr 2024 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51534

Actions (login required)

View Item View Item