Pengembangan Modul Ajar Biologi Bermuatan Profil Pelajar Pancasila pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Fase E SMA

Khatimah, Husnul (2023) Pengembangan Modul Ajar Biologi Bermuatan Profil Pelajar Pancasila pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Fase E SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_Husnul_Khatimah_19031082_1126_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kurikulum Merdeka mendukung pengembangan karakter peserta didik melalui penerapan Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila adalah profil lulusan yang bertujuan menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapkan diraih dan menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik. Berdasarkan hasil observasi ditemukan permasalahan yaitu belum tersedianya modul ajar bermuatan Profil Pelajar Pancasila pada materi keanekaragaman hayati untuk fase E SMA di SMA Pertiwi 1 Padang. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menyediakan perangkat ajar berupa modul ajar bermuatan Profil Pelajar Pancasila pada materi keanekaragaman hayati untuk fase E SMA yang valid dan terbaca yang diharapkan mampu membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research And Development (R & D) dengan menggunakan Four-D Models (define, design, develop, dan disseminate) yang dibatasi sampai tahap develop. Subjek penelitian ini yaitu dua orang dosen Departemen Biologi FMIPA UNP, dua orang guru Biologi SMA Pertiwi 1 Padang. Objek penelitian ini adalah modul ajar Biologi bermuatan Profil Pelajar Pancasila pada materi keanekaragaman hayati untuk fase E SMA. Berdasarkan hasil dari penelitian pengembangan yang telah dilakukan di hasilkan modul ajar biologi bermuatan Profil Pelajar Pancasila pada materi keanekaragaman hayati untuk fase E SMA yang sangat valid dengan nilai 90,48%. Hasil uji keterbacaan oleh guru diperoleh nilai 89,44% dengan kategori baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa modul ajar biologi bermuatan Profil Pelajar Pancasila pada materi keanekaragaman hayati untuk fase E SMA sesuai dengan kriteria sangat valid dan terbaca dengan baik sehingga dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmawati, RahmawatiUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
CorrectorAnggriyani, RiaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:56
Last Modified: 26 Apr 2024 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51533

Actions (login required)

View Item View Item