Desain Buku Pengayaan Edupark Fisika Batang Tabik Waterpark Terintegrasi Model Problem Based Learning untuk SMA/MA

Kinanti, Ihsania Ikrima (2023) Desain Buku Pengayaan Edupark Fisika Batang Tabik Waterpark Terintegrasi Model Problem Based Learning untuk SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_IHSANIA_IKRIMA_KINANTI_19033027_1008_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Aktivitas peserta didik dalam berinteraksi dengan lingkungan dapat menjadikan lingkungan sebagai sumber belajar yang disebut sebagai taman pendidikan (education park dan disingkat edupark). Batang Tabik Waterpark merupakan salah satu objek wisata buatan. Pada umumnya pengunjung yang datang ke objek wisata hanya bersenang-senang dan mengabadikan momen liburannya, tanpa mereka sadari banyak konsep fisika pada setiap wahana permainan yang ada di sana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan bahan ajar yang sesuai dengan latar belakang siswa dan lingkungannya dan mendapatkan validitas buku pengayaan edupark fisika Batang Tabik Waterpark terintegrasi model problem based learning yang didesain. Jenis penelitian ini adalah Desaign Research and Development dengan menggunakan model Plomp. Model penelitian Plomp terdiri atas tiga tahap yaitu penelitian pendahuluan (preliminary research), tahap perancangan (development or prototyping phase), dan tahap penilaian (assessment phase). Penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan (development or prototyping phase) sampai uji validasi oleh ahli. Produk dinilai dan dilakukan validasi oleh 3 validator. Hasil validasi buku pengayaan pada aspek kelayakan materi diperoleh hasil 93,4 dengan kategori “sangat valid”, aspek kelayakan kegrafikaan diperoleh hasil 94,2 dengan kategori “sangat valid”, dan aspek kesesuaian buku pengayaan diperoleh hasil 93,1 dengan karegori “sangat valid”. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan analisis kurikulum didapatkan konsep fisika pada objek wisata tidak terurut, maka jenis buku yang cocok adalah buku pengayaan dan hasil validasi desain buku pengayaan edupark fisika Batang Tabik Waterpark terintegrasi model problem based learning memiliki kategori yang sangat valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHamdi, HamdiUNSPECIFIED
CorrectorFauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Apr 2024 07:55
Last Modified: 26 Apr 2024 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51528

Actions (login required)

View Item View Item