Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Google Earth terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas Xii di SMA Adabiah Padang

Mawaddah, Nurul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Google Earth terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Kelas Xii di SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_NURUL_MAWADDAH_19045090_2493_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media Google Earth terhadap hasil belajar pelajaran geografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Sampel diambil secara acak (random sampling), karena anggota populasi homogen siswa kelas XII IPS 1 dan kelas XII IPS 3. Hasil penelitin ini menunjukan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen memperoleh persentase 87,86% sedangkan di kelas kontrol didapatkan hasil sebesar 68,13%. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan Thitung > Ttabel yaitu 11.435 > 1.67155 yang artinya ada pengaruh pengaruh model pembelajaran problem based learning menggunakan media google earth terhadap hasil belajar geografi. Maka, Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji N Gain aktivitas belajar kelas kontrol adalah 0,2436 dengan kriteria rendah. Kemudian dipersentasekan menjadi 24,36% dengan kriteria tidak efektif. Dengan demikian, terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning menggunakan media google earth terhadap hasil belajar geografi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMariya, SriUNSPECIFIED
CorrectorAnwar, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorNova, SariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, MEDIA GOOGLEEARTH, HASIL BELAJAR
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 26 Apr 2024 08:04
Last Modified: 26 Apr 2024 08:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51527

Actions (login required)

View Item View Item