Pramadana, Reza
(2024)
Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Youtube
Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Moji-Goi.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa
terhadap youtube sebagai media pembelajaran mata kuliah moji-goi pada mahasiswa
semester 3 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang tahun ajaran
2022. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif jenis deskriptif. Populasi
berjumlah 58 orang mahasiswa dengan sampel dalam penelitian ini diambil
menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil dari
kelas JPG 1 tahun ajaran 2022 yang berjumlah 28 mahasiswa. Instrument yang
digunakan adalah kuisioner. Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner tertutup yang
disebar melalui google form menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penggunaan youtube sebagai media pembelajaran mata kuliah moji-goi sudah
berjalan secara positif dan dapat diterima oleh mahasiswa semester 3 Jurusan
Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang tahun ajaran 2022. Hal ini dapat
dibuktikan dengan diperolehnya hasil nilai persepsi mahasiswa dalam penggunaan
youtube sebagai media pembelajaran yang secara keseluruhan termasuk dalam kategori
persepsi “Positif” dengan persentase frekuensinya adalah sebesar 90,4%.
Actions (login required)
|
View Item |