Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek

Zahra, Fadhila (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Fadhila_Zahra_19029084_152_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar yang memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran merupakan tujuan dari pembelajaran matematika. Namun kenyataannya, dilihat dari hasil observasi pada nilai UTS ditemukan bahwa hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ampek Angkek tahun pelajaran 2022/2023 masih rendah. Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write lebih baik daripada hasil belajar matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung di kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasy-eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan non-equivalen posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ampek Angkek tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling yaitu menggunakan sistem undian. Dari hasil pengundian, terambil kelas XI F 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI F 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan nilai tes hasil belajar matematika yang dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Apr 2024 00:59
Last Modified: 26 Apr 2024 00:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51509

Actions (login required)

View Item View Item