Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Metode Pertanyaan Menggali Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Fluida Statis Kelas XI SMAN 14 Padang

Hendini, Elvira (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Metode Pertanyaan Menggali Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Fluida Statis Kelas XI SMAN 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ELVIRA_HENDINI_18033048_2598_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peserta didik kurang aktif dan kurang kritis dalam proses pembelajaran, peserta didik hanya mendengarkan penjelasan pendidik tanpa bisa memahami apa yang diajarkan dan melupakannya pada pembelajaran selanjutnya, sehingga menyebabkan hasil belajarnya rendah.Solusi yang bisa ditawarkan dengan menerapkan model pembelajaran generatif dengan metode pertanyaan menggali . Tujuan penelitian untuk menyelidiki pengaruh penerapan model pembelajaran generatif dengan metode pertanyaan menggali terhadap hasil belajar peserta didik materi Fluida Statis kelas XI SMAN 14 Padang. Hipotesis dari penelitian ini terdapat pengaruh antara penerapan model pembelajaran generatif dengan metode pertanyaan menggali terhadap hasil belajar pada materi fluida statis. Jenis penelitian adalah eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 14 Padang tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel pada penelitian adalah kelas XI MIPA 4 dan kelas XI MIPA 5. Instrumen yang digunakan adalah lembaran berupa soal objektif. Analisis data menggunakan uji t pada taraf nyata 0,05.Setelah dilakukan penelitian dengan memberikan perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran generatif dengan metode pertanyaan menggali dan kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan metode pertanyaan menggali. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas yang menerapkan model pembelajaran generatif adalah 81 dan kelas yang menerapkan model pembelajaran PBL adalah 78,4. Pengaruh model pembelajaran generatif dengan metode pertanyaan menggali dapat dilihat pada hasil belajar peserta didik yang telah dianalisis dan dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh t tabel adalah 1,995 dan t hitung adalah 8,704. Syarat H 0 ditolak adalah jika . Nilai t hitung berada dalam penolakan H 0 , sehingga H 1 diterima. Karena semua variabel dikontrol, kecuali model pembelajaran sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran generatif dengan metode pertanyaan menggali pada materi Fluida Statis berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 26 Apr 2024 00:58
Last Modified: 26 Apr 2024 00:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51508

Actions (login required)

View Item View Item