Pengembangan Modul Matematika Materi Barisan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI SMA

Wahyuni, Dilla (2023) Pengembangan Modul Matematika Materi Barisan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Dilla_Wahyuni_16029004_827_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang dapat membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika.. Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar untuk mencapai kemampuan matematis lainnya. Namun kenyataannya kemampuan pemahaman konsep peserta didik masih rendah dan belum difasilitasi dengan baik. Berdasarkan hal ini maka akan dikembangkan bahan ajar berupa modul pembelajaran menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik modul pembelajaran berbasis RME yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian pemgembangan dengan menggunakan model Plomp. Dimana model Plomp memiliki tiga tahapan yaitu tahap investigasi awa, tahap pembuatan prototype dan tahap penilaian. Pada tahap investigasi awal dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis peserta didik, analisis konsep. Pada fase pembuatan prototype dikembangkan HLT dan Modul berbasis RME kemudian dilakukan self evaluation, expert review, kemudian diuji cobakan pada one- to-one, small group evaluation. Fase penilaian dilakukan pada tahap field test.. Teknik pengunpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, analisis dokumen. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah daftar check list, angket validasi, angket praktikalitas, pedoman wawancara, dan test pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran berbasis RME untuk SMA Kelas XI adalah valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Valid dari segi kelayakan isi, penyajian, kegrafisan dan kebahasaan. Prektis dari segi keterbacaan dan kejelasan materi, keterpakaian dan kemudahan penggunaan, daya tarik dan kesesuaian alokasi waktu. Selanjutnya dikatakan efektif karena penggunaan modul dpat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, FridgoUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorAl Aziz, SaddamUNSPECIFIED
CorrectorRifandi, RonalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Apr 2024 05:41
Last Modified: 25 Apr 2024 05:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51490

Actions (login required)

View Item View Item