Safitri, Yovianda
(2024)
Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan Sirkulasi pada
Perpustakaan Universitas Metamedia.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode
deskriptif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner di Perpustakaan
Universitas Metamedia. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa
Universitas Metamedia dari tahun masuk 2020 sampai dengan tahun 2022 yang
berjumlah 1036 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel random
sampling dengan jumlah sampel 91 responden. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada sampel penelitian. Dalam
penelitian ini teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data, maka penelitian ini diperoleh hasil bahwa
persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi pada perpustakaan Universitas
Metamedia dengan delapan indikator yang diperoleh skor rata-rata sebesar 2,40.
Pertama, indikator kehandalan diperoleh skor rata-rata 2,95 berada pada skala
interval sangat baik. Kedua, indikator tanggung jawab diperoleh skor rata-rata
2,32 berada pada skala interval tidak baik. Ketiga, indikator sumber daya manusia
diperoleh skor rata-rata 2,94 berada pada skala interval baik. Keempat, indikator
sarana dan prasarana diperoleh skor rata-rata 1,81 berada pada skala interval tidak
baik. Kelima, indikator ketepatan diperoleh skor rata-rata 1,68 berada pada skala
interval tidak baik. Keenam, indikator efisien diperoleh dari skor rata-rata 1,57
berada pada skala interval sangat tidak baik. Ketujuh, indikator produktivitas dan
layanan yang diberikan diperoleh dari skor rata-rata 3,00 berada pada skala
interval baik. Kedelapan, indikator masa pinjam diperoleh dari skor rata-rata 2,95
berada pada skala interval baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa persepsi pemustaka terhadap layanan sirkulasi pada
universitas metamedia sudah terbilang cukup baik.
Actions (login required)
|
View Item |