Khairani R, Khairani R
(2024)
Psikografis Siswa dalam Pemanfaatan Perpustakaan di SMPN
3 Batang Anai.
Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis psikografis siswa dalam
pemanfaatan perpustakaan di SMPN 3 Batang Anai. Psikografis siswa diukur
melalui indikator aktivitas, minat, dan opini. Penelitian ini berimplikasi pada
perlunya memahami psikografis siswa sehingga pengelola perpustakaan dapat
merancang fasilitas, layanan, dan bahan bacaan yang lebih baik untuk
meningkatkan minat baca siswa.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Inferensial dengan
jenis penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu Psikografis dengan
indikator aktivitas, minat, opini. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
SMPN 3 Batang Anai sebanyak 736 siswa dari kelas VII, VIII, dan IX. Sampel
diambil sebanyak 88 siswa dengan rumus Slovin dengan ketidaktelitian sebesar
10%. Teknik yang digunakan yaitu teknik proportionate stratified random
sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan teknik
korelasi Product Moment.
Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa sebagian besar siswa
memiliki minat membaca yang cukup tinggi untuk tujuan menambah pengetahuan
dan sebagai hiburan. Namun, minat kunjung dan aktivitas membaca siswa di
perpustakaan sekolah masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena
keterbatasan waktu kunjungan perpustakaan, kurangnya koleksi buku menarik,
serta kondisi ruang perpustakaan yang belum nyaman. Oleh karena itu,
direkomendasikan perlu adanya peningkatan koleksi buku yang beragam dan
relevan, perbaikan fasilitas ruang baca perpustakaan, serta peningkatan strategi
promosi dan layanan perpustakaan agar minat kunjung dan aktivitas membaca
siswa di perpustakaan dapat meningkat. Pihak perpustakaan, guru, dan sekolah
perlu bekerja sama untuk menciptakan ekosistem literasi yang kondusif dalam
rangka mengembangkan budaya literasi dan membaca pada siswa. Dengan upaya
tersebut, diharapkan perpustakaan sekolah dapat dimanfaatkan secara optimal
untuk mengasah kemampuan literasi dan pengembangan diri siswa
Actions (login required)
|
View Item |