Psikografis Siswa dalam Pemanfaatan Perpustakaan di SMPN 3 Batang Anai

Khairani R, Khairani R (2024) Psikografis Siswa dalam Pemanfaatan Perpustakaan di SMPN 3 Batang Anai. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_08_KHAIRANI_R_20234008_1576_2024.pdf

Download (836kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis psikografis siswa dalam pemanfaatan perpustakaan di SMPN 3 Batang Anai. Psikografis siswa diukur melalui indikator aktivitas, minat, dan opini. Penelitian ini berimplikasi pada perlunya memahami psikografis siswa sehingga pengelola perpustakaan dapat merancang fasilitas, layanan, dan bahan bacaan yang lebih baik untuk meningkatkan minat baca siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Inferensial dengan jenis penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu Psikografis dengan indikator aktivitas, minat, opini. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 3 Batang Anai sebanyak 736 siswa dari kelas VII, VIII, dan IX. Sampel diambil sebanyak 88 siswa dengan rumus Slovin dengan ketidaktelitian sebesar 10%. Teknik yang digunakan yaitu teknik proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa sebagian besar siswa memiliki minat membaca yang cukup tinggi untuk tujuan menambah pengetahuan dan sebagai hiburan. Namun, minat kunjung dan aktivitas membaca siswa di perpustakaan sekolah masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena keterbatasan waktu kunjungan perpustakaan, kurangnya koleksi buku menarik, serta kondisi ruang perpustakaan yang belum nyaman. Oleh karena itu, direkomendasikan perlu adanya peningkatan koleksi buku yang beragam dan relevan, perbaikan fasilitas ruang baca perpustakaan, serta peningkatan strategi promosi dan layanan perpustakaan agar minat kunjung dan aktivitas membaca siswa di perpustakaan dapat meningkat. Pihak perpustakaan, guru, dan sekolah perlu bekerja sama untuk menciptakan ekosistem literasi yang kondusif dalam rangka mengembangkan budaya literasi dan membaca pada siswa. Dengan upaya tersebut, diharapkan perpustakaan sekolah dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mengasah kemampuan literasi dan pengembangan diri siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Psikografis, Perpustakaan Sekolah
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Apr 2024 08:18
Last Modified: 24 Apr 2024 08:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51474

Actions (login required)

View Item View Item