Pembuatan Direktori Video Pembelajaran Dari Youtube Bersubjek Matematika Kelas VI di Perpustakaan SD Negeri 14 Belanti Barat

Trisnald, Yovi (2024) Pembuatan Direktori Video Pembelajaran Dari Youtube Bersubjek Matematika Kelas VI di Perpustakaan SD Negeri 14 Belanti Barat. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_07_YOVI_TRISNALDI_20026115_1593_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Proses pembuatan direktori video pembelajaran dari youtube bersubjek matematika kelas VI di SD Negeri 14 Belanti Barat; (2) hasil validasi dan uji coba produk direktori video pembelajaran dari youtube bersubjek matematika kelas VI di SD Negeri 14 Belanti Barat. Metode penulisan yang digunakan dalam makalah tugas akhir ini adalah metode deskriptif dengan melakukan observasi lansung dan wawancara kepada narasumber. Hasil dari penulisan makalah tugas akhir pembuatan direktori video pembelajaran dari youtube bersubjek matematika di perpustakaan SD Negeri 14 Belanti Barat melalui beberapa tahap berupa mengumpulkan data materi matematika kelas VI dengan cara wawancara kepada guru kelas VI, penyeleksian data sebagai konsep menyajikan data secara akurat, penyusunan data sebagai bentuk pengurutan data yang dilakukan secara berurutan agar mudah ditemukan oleh pengguna, editing direktori sebagai proses mendesain dan membuat prosduk menjadi menarik dengan menggunakan aplikasi canva yang dimulai dari membuat cover, kata pengantar, daftar isi, dan isi direktori dengan unsur (a) nama channel, (b) judul video, (c) tanggal upload, (d) jumlah suscribe, (e) jumlah like, (f) jumlah penayangan, (g) link youtube, (h) barcode scanner. Pemanfaatan, bentuk pemanfaatan direktori sebagai alat penelusuran informasi mengenai video pembelajaran matematika kelas VI. Hasil uji coba produk direktori adalah pemilihan cover pada produk harus sesuai, warna dan tulisan pada cover harus sesuai, penggunaan bahasa pada produk mudah dipahami, tulisan pada produk sudah rapi, informasi yang terkandung mudah dipahami, chanel youtube harus bisa ditelusuri. Dari hasil uji coba, produk layak disebarluaskan karena mendapatkan hasil 92% yang memberikan jawaban “iya” dan 8% yang memberikan jawaban “tidak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarlini, MarliniUNSPECIFIED
CorrectorNabila, JeihanUNSPECIFIED
CorrectorRini Asmara,, Rini Asmara,UNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:18
Last Modified: 24 Apr 2024 07:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51458

Actions (login required)

View Item View Item