Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Mata Pelajaran Pemangkasan dan Pewarnaan Rambut di SMK Negeri 7 Padang.

Aulia, Suci (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Mata Pelajaran Pemangkasan dan Pewarnaan Rambut di SMK Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
B1_2_SUCI_AULIA_18078057_2536_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahya hasil belajar siswa dan kurang maksimalnya hasil praktek siswa pada materi pelajaran pemangkasan rambut teknik graduasi. Hal ini disebabkan karena media pembelajaran yang belum bervariasi. Media pembelajaran yang digunakan masih berbentuk lembar kegiatan peserta didik dan belum terstruktur. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis video Pembelajaran pada pemangkasan rambut teknik graduasi di SMK Negeri 7 Padang, untuk menganalisis validitas dan praktikalitas media pembelajaran berbasis video Pembelajaran pemangkasan rambut teknik graduasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dilaksanakan di SMK N 7 Padang pada tanggal 22 Mei - 27 Mei 2023. Subjek penelitian terdiri dari subjek validasi produk dan subjek uji praktikalitas. Penelitian menggunakan model model 4D (Define, Design, Development dan Dissemination). Validasi ahli terdiri dari 5 orang pakar. Prosedur pengembangan media menggunakan prosedur 4D. Jenis data adalah data primer yang bersumber dari dosen, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan angket. Instrument penelitian menggunakan angket dengan skala likert. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif. Perolehan hasil penelitian ini adalah media video pembelajaran yang telah dikembangkan dengan model pengembangan 4-D, hasil validasi desain media sebesar 0,78 dengan kategori valid dan untuk validasi materi 0,88 dengan kategori valid. Hasil praktikalitas didapatkan dari respon siswa sebesar 84,54% dengan kategori sangat praktis dan nilai praktikalitas didapatkan dari respon guru sebesar 92,05% dengan kategori sangat praktis. Dari perolehan hasil tersebut, maka media pembelajaran berbasis video Pembelajaran dapat dikatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar dikelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstuti, MurniUNSPECIFIED
CorrectorYanita, MeritaUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Siska MigaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, VIDEO PEMBELAJARAN, TATA RIAS
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:53
Last Modified: 24 Apr 2024 06:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51431

Actions (login required)

View Item View Item