Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 3 Padang

Sari, Wulan (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_WULAN_SARI_19033070_7925_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar fisika siswa di SMA Negeri 3 Padang. Hal ini disebabkan karena pada proses pembelajaran guru belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi sehingga siswa pasif dalam mengikuti proses pembelajaran. Solusi yang digunakan untuk memotivasi dan mengaktifkan belajar siswa dalam suasana belajar yang menyenangkan adalah dengan menerapkan model problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh positif penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 3 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu menggunakan rancangan Randomized Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Fase E SMA Negeri 3 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas X Fase E 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Fase E 6 sebagai kelas kontrol dengan jumlah anggota kelas sampel yang sama. Data penelitian meliputi hasil belajar fisika siswa pada aspek pengetahuan (kognitif). Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Liliefors, uji F dan uji t pada taraf nyata 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar fisika siswa aspek pengetahuan pada kelas eksperimen yakni 82 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yakni 71. Uji hipotesis dari posttest yang dilakukan th > tt dimana 3.589 > 1.667 H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan dalam hasil penelitian bahwa terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa yang menggunkan model problem based learning dengan pendekatan saintifik pada kelas X Fase E SMA Negeri 3 Padang pada aspek pengetahuan dengan taraf nyata 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
CorrectorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:01
Last Modified: 24 Apr 2024 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51396

Actions (login required)

View Item View Item