Anisa, Nur (2023) Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning Pada Materi Energi Terbarukan Fase E SMAN 1 Banuhampu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_5_NUR_ANISA_19033121_7789_2023.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan di Indonesia bertujuan untuk mempersiapkan generasi bangsa yang lebih baik. Tujuan pendidikan tersebut merupakan tujuan pendidikan nasional yang harus dicapai oleh setiap satuan pendidikan. Salah satu cara dalam mencapai tujuan tersebut adalah menerapkan suatu kurikulum yang mendorong tercapainya tujuan pendidikan nasional. Kurikulum baru yang digunakan saat ini adalah Kurikulum Merdeka dengan pembelajaran berbasis proyek. Salah satu perangkat ajar yang menunjang implementasi Kurikulum Merdeka yaitu bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis project based learning pada materi energi terbarukan fase E. Penelitian ini termasuk penelitian research and development yang dilakukan melalui model 4-D. Penelitian ini hanya dilaksanakan dalam tiga tahapan penelitian yaitu tahap define, design, dan development. Penelitian dibatasi pada tahap development untuk menentukan validitas dan praktikalitas produk. Analisis validitas dilakukan terhadap empat komponen yang meliputi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan. Instrumen pengumpulan data digunakan angket penilaian validitas dan angket penilaian praktikalitas. Analisis data validitas menggunakan persamaan V’Aikens dan analisis data praktikalitas menggunakan skala likert. Berdasarkan analisis data yang dilakukan didapatkan 2 hasil penelitian. Pertama, validitas bahan ajar berbasis project-based learning pada materi energi terbarukan diperoleh rata-rata 0,87 dalam kriteria validitas tinggi. Kedua, hasil uji praktikalitas oleh guru terhadap bahan ajar berbasis project-based learning pada materi energi terbarukan diperoleh 92,75% dengan kriteria sangat praktis. Hasil uji praktikalitas oleh peserta didik terhadap bahan ajar berbasis project-based learning pada materi energi terbarukan diperoleh 81,65% dengan kriteria sangat praktis. Oleh karena itu, bahwasannya bahan ajar berbasis project-based learning pada materi energi terbarukan valid dan praktis digunakan dalam menunjang proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | PEMBUATAN BAHAN AJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING | ||||||||||||
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Arlianis | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2024 04:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Apr 2024 04:01 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51391 |
Actions (login required)
View Item |