Komparasi Kemampuan Literasi Sains Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Sains Teknologi Masyarakat pada Pembelajaran Fisika

Susanti, Meri (2023) Komparasi Kemampuan Literasi Sains Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Sains Teknologi Masyarakat pada Pembelajaran Fisika. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_MERI_SUSANTI_19033039_7806_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Literasi sains sangat penting dalam pembelajaran fisika karena dapat menunjang pembelajaran dan meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami fisika dari segi konsep, prinsip, dan penerapan fisika. Berdasarkan analisis situasi di lapangan, kemampuan literasi sains siswa tergolong rendah dan proses pembelajaran belum menstimulasi pembentukan literasi sains. Siswa kurang aktif dan kurang mampu menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran fisika. Solusi yang diberikan adalah menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi sains siswa menggunakan model PBL dengan STM pada pembelajaran fisika kelas XI di SMAN 8 Padang. Penelitian kuantitatif ini menggunakan randomized posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 8 Padang. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, sehingga didapatkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen penelitian yang digunakan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan tes literasi sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen 1 dengan model STM 64,96 lebih tinggi dari kelas eksperimen 2 dengan model PBL 57,24. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,043 pada taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu, H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan kemampuan literasi sains siswa menggunakan model PBL dengan STM pada pembelajaran fisika kelas XI SMAN 8 Padang. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains menggunakan model pembelajaran STM lebih efektif dibandingkan model PBL

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorSundari, Putri DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KOMPARASI KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:01
Last Modified: 24 Apr 2024 04:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51390

Actions (login required)

View Item View Item