Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Menggunakan Metode Studi Kasus pada Pelajaran Geografi di SMA Pertiwi 1 Padang

Pratiwi, Ika Cahya (2024) Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Menggunakan Metode Studi Kasus pada Pelajaran Geografi di SMA Pertiwi 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_IKA_CAHYA_PRATIWI_2207_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Partisipasi siswa dalam pembelajaran menggunakan Metode studi kasus pada pelajaran geografi di sma pertiwi 1 padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian SMA Pertiwi 1 Padang. Adapun Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS semester I ( Ganjil ) SMA Pertiwi 1 Padang tahun ajaran 2022/2023 dan sampel dalam penelitian ini ditetapkan hanya khusus siswa kelas XII IPS semester I ( Ganjil ) SMA Pertiwi 1 Padang dengan mengunakan teknik Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui pengamatan atau observasi, dokumentasi. Teknik analisis data meliputi Analisis data lembar observasi dan Analisis data observasi . Kelas XII IPS I dengan data yang diperoleh tingkat capaian sebesar 58,06% berada pada kategori kuat. Secara rinci, sebanyak 1 orang (3,23) dengan kategori luar biasa, sebanyak 18 orang (58,06%) dengan kategori kuat, sebanyak 9 orang (29,03%) dengan kategori sedang, sebanyak 1 orang (3,23%) dengan kategori terbatas dan sebanyak 2 orang (6,45%) dengan kategori lemah. Kelas XII IPS II dengan data yang diperoleh tingkat capaian sebesar 43,75% berada pada kategori sedang. Secara rinci, sebanyak 10 orang (31,25%) dengan kategori kuat, sebanyak 14orang (43,75%) dengan kategori sedang, sebanyak 3 orang (9,37%) dengan kategori terbatas, sebanyak 5 orang (15,6%) dengan kategori lemah dan kategori luar biasa tidak ada sama sekali. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Ternyata dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah metode studi kasus dalam proses pembelajaran geografi, dapat mengetahui partisipasi peserta didik dalam belajar. Dengan pemberian motivasi pada peserta didik pada setiap akan diawalinya proses pembelajaran, membuat peserta didik berpartisipasi dalam pembelajaran. Partisipasi tersebut tidak hanya peserta didik memberikan pertanyaan, tapi juga pada bentuk memberikan respon hasil temuan yang dipresentasikan oleh temannya, tapi juga memberikan sanggahan atau jawaban atau masukan yang diberikan oleh teman maupun guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorErnawati, ErnawatiUNSPECIFIED
CorrectorRahmanelli, RahmanelliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN GEOGRAFI, STUDI KASUS
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:18
Last Modified: 24 Apr 2024 07:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51388

Actions (login required)

View Item View Item