Pengembangan E-learning Menggunakan Desain Quality Matters (QM) untuk Pembelajaran Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA/MA

Riski, Shintia Putri (2023) Pengembangan E-learning Menggunakan Desain Quality Matters (QM) untuk Pembelajaran Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_SHINTIA_PUTRI_RISKI_19031044_7534_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada saat ini bergerak dengan cepat membawa dampak langsung terhadap perkembangan pendidikan. Pembelajaran di sekolah telah menggunakan e-learning sebagai salah satu pemanfaatan teknologi. Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kualitas e learning peserta didik kelas XI SMAS Adabiah Padang termasuk kategori sangat rendah. Penggunaan rubrik dalam pengembangan e-learning dapat menjadi solusi untuk kualitas e-learning yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-learning menggunakan desain Quality Matters untuk pembelajaran Biologi kelas XI SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini terdiri dari 5 tahap yaitu analyze, design, develop, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian adalah 2 orang dosen, 1 orang guru dan 32 orang peserta didik kelas XI MIPA 3 SMAS Adabiah Padang. Objek penelitian adalah e-learning menggunakan desain QM untuk pembelajaran Biologi kelas XI SMA/MA. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain yaitu berupa lembar uji validitas, lembar instrumen one-to-one trial, lembar instrumen small group trial, lembar uji praktikalitas guru dan lembar uji praktikalitas peserta didik. Uji yang dilakukan berupa uji validitas dan praktikalitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, telah dihasilkan produk berupa e learning menggunakan desain QM untuk pembelajaran Biologi kelas XI SMA/MA materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan serta sistem imun. Hasil uji validitas dengan nilai rata-rata 96% memenuhi kriteria valid. Hasil uji praktikalitas oleh guru dengan nilai rata-rata 83,18% dan peserta didik dengan nilai rata-rata 87,42% memenuhi kriteria praktis dari segi aktivitas pembelajaran, kemudahan penggunaan, manfaat penggunaan, serta tampilan dan daya tarik. Penelitian mendapatkan simpulan bahwa e-learning menggunakan desain QM untuk pembelajaran Biologi kelas XI SMA/MA valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYogica, RelsasUNSPECIFIED
CorrectorRahmawati D, Rahmawati DUNSPECIFIED
CorrectorRahmi, Yosi LailaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN DESAIN QUALITY MATTERS (QM)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:00
Last Modified: 24 Apr 2024 04:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51384

Actions (login required)

View Item View Item