Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 24 Padang

Fatmawati, Aulia (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 24 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Aulia_Fatmawati_18029127_843_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki dan dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Namun, kenyataannya di SMP Negeri 24 Padang kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IX masih belum optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendekripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi exsperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX SMP Negeri 24 Padang TP 2023/2024. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan IX B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis untuk membuktikan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian berupa kuis, diperoleh hasil yang menunjukkan adanya beberapa peserta didik yang mengalami perkembangan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas IX SMP Negeri 24 Padang. berdasarkan uji hipotesis pada tes akhir pada taraf nyata 0,05 diperoleh nilai p-value = 0,002. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:26
Last Modified: 23 Apr 2024 08:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51366

Actions (login required)

View Item View Item