Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di SMA Negeri 3 Padang berdasarkan Teori Newman

Nisah, Auliya An (2023) Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di SMA Negeri 3 Padang berdasarkan Teori Newman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Auliya_An_Nisa_19029073_2356_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan satu dari sekian banyak mata pelajaran yang mengalami perkembangan zaman dan memiliki peran besar dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada tingkat sekolah menengah atas (SMA). Sayangnya masih banyak ditemukan peserta didik yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah pada soal pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal kemampuan pemecahan masalah dan wawancara tidak terstruktur. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X E 7 SMA Negeri 3 Padang. Hasil dari penelitian ini ditemukan banyak peserta didik yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah berdasarkan analisis Newman, yaitu (1) kesalahan dalam membaca dan memahami soal sebesar 13% dengan kategori sangat rendah; (2) kesalahan dalam mentransformasikan soal sebesar 21% dengan kategori sangat rendah; (3) kesalahan dalam keterampilan proses sebesar 46% dengan kategori sedang; (4) kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 65% dengan kategori tinggi dan presentase kesalahan peserta didik secara keseluruhan adalah 31% dengan kategori rendah. Dengan jenis kesalahan yang dilakukan subjek pada tingkat kemampuan matemtis tinggi, yaitu kesalahan dalam keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Jenis kesalahan yang dilakukan subjek dengan tingkat kemampuan matematis sedang, yaitu kesalahan dalam mentransformasikan soal, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Jenis kesalahan yang dilakukan oleh subjek dengan kemampuan matematis rendah, yaitu kesalahan dalam memahami soal, mentransformasikan soal, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorElniati, SriUNSPECIFIED
CorrectorKhairani, KhairaniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:26
Last Modified: 23 Apr 2024 08:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51365

Actions (login required)

View Item View Item