Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint dengan Fungsi Hyperlink Pada Mata Pelajaran Dasar Dasar Kecantikan di Jurusan Tata Kecantikan SMK Negeri 6 Padang.

Hidayati, Salsabila (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint dengan Fungsi Hyperlink Pada Mata Pelajaran Dasar Dasar Kecantikan di Jurusan Tata Kecantikan SMK Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
B1_2_SALSABILA _HIDAYATI_18078019_2506_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran kurang bervariasi, guru hanya menggunakan metode ceramah, modul pembelajaran, dan jobsheet, sehingga siswa kesulitan dalam menguasai materi dan kurangnya keterampilan dalam melaksanakan praktek rias wajah sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran powerpoint dengan fungsi hyperlink serta mengetahui tingkat validitas, praktikalitas, dan efektivitas pada mata pelajaran dasar-dasar kecantikan kelas X KC 1 di SMK Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X KC 1 di SMK Negeri 6 Padang semester 2023/2024 dengan sampel sebanyak 34 siswa. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D (Define, Design, Development, dan Dessiminates). Teknik pengumpulan data menggunakan uji kevalidan, uji kepraktisan dengan metode test. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket (kuesioner). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kevalidan, analisis kepraktisan, dan analisis efektivitas. Perolehan hasil penelitian media pembelajaran powerpoint dengan fungsi hyperlink adalah uji validitas oleh ahli media sebesar 0.87 dengan kategori valid dan validitas oleh ahli materi sebesar 0.91 dengan kategori valid. Uji praktikalitas dilihat dari respon guru sebesar 95 dengan kategori sangat praktis dan uji praktikalitas dilihat dari respon siswa sebesar 88 dengan kategori sangat praktis. Uji efektivitas diperoleh dengan melakukan uji pre-test dan post-test, rata-rata nilai pre-test yang diperoleh siswa sebesar 37.21 sedangkan pada post-test siswa memperoleh nilai 80.74, sedangkan perolehan nilai dari uji gain yang dilakukan menunjukkan hasil sebesar 0.70 sehingga pengujian ini termasuk kriteria efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Maka disarankan agar guru menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan ini sebagai bahan referensi dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Kecantikan di jurusan Tata Kecantikan SMK Negeri 6 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstuti, MurniUNSPECIFIED
CorrectorHayatunnafus, HayatunnafusUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Siska MigaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, POWERPOINT, HYPERLINK
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:26
Last Modified: 23 Apr 2024 08:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51364

Actions (login required)

View Item View Item