Pengaruh Model Search, Solve, Create and Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Kepahiang

Annisa, Annisa (2023) Pengaruh Model Search, Solve, Create and Share terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 1 Kepahiang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Annisa_1602002_2088_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis ini masih tergolong belum optimal khususnya pada peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Kepahiang. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan cara penerapan model Search, Solve, Create, and Share (SSCS). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan apakah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran SSCS lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran langsung serta mendeskripsikan kemampuan mereka yang menggunakan model pembelajaran SSCS. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dan deskriptif dengan rancangan penelitian Nonequivalent Posttest-only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Kepahiang tahun pelajaran 2022/2023. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Kelas XII MIPA 2 ditetapkan sebagai kelas kontrol dan kelas XII MIPA 3 ditetapkan sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis berupa soal uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji U Mann-Whitney. Dari hasil analisis tes akhir diperoleh hasil P-value = 0,000. Nilai p-value yang diperoleh lebih rendah dari taraf nyata (α = 0,05) sehingga tolak H 0 . Kesimpulan yang bisa diambil dari hasil uji hipotesis ini yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran SSCS lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran langsung di kelas XII SMA Negeri 1 Kepahiang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Apr 2024 07:05
Last Modified: 23 Apr 2024 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51349

Actions (login required)

View Item View Item