Rahmawati, Muthia
(2023)
Strategi Pembelajaran Bernyanyi Lagu Daerah di SMP Negeri 7 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru seni budaya di SMP Negeri 7 Padang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan kamera handphone dan alat tulis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan cara mengidentifikasi data, mengklasifikan data, mengklarifikasi data, menganalisis data, mendeskripsikan dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang dibuat guru secara tertulis kurang fokus dengan topik pelajaran. Rumusan tujuan pembelajaran kurang berimbang antara ranah kognitif, afektif dan psikomotor, materi pelajarannya kurang fokus pada topik kegiatan. Langkah-langkah pembelajaran terutama kegiatan inti kurang terarah, metode/strategi/model yang diterapkan guru kurang sesuai. Alat, media dan sumber kurang relevan dan evaluasi/penilaian kurang sesuai dengan tujuan/sasaran yang mencapai. Dengan demikian, suasana pembelajaran kurang interaktif antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, sehingga tujuan pembelajarannya pun kurang maksimal.
Actions (login required)
|
View Item |