Strategi Pembelajaran Bernyanyi Lagu Daerah di SMP Negeri 7 Padang

Rahmawati, Muthia (2023) Strategi Pembelajaran Bernyanyi Lagu Daerah di SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_MUTHIA_RAHMAWATI_18232078_4461_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru seni budaya di SMP Negeri 7 Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan kamera handphone dan alat tulis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan cara mengidentifikasi data, mengklasifikan data, mengklarifikasi data, menganalisis data, mendeskripsikan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang dibuat guru secara tertulis kurang fokus dengan topik pelajaran. Rumusan tujuan pembelajaran kurang berimbang antara ranah kognitif, afektif dan psikomotor, materi pelajarannya kurang fokus pada topik kegiatan. Langkah-langkah pembelajaran terutama kegiatan inti kurang terarah, metode/strategi/model yang diterapkan guru kurang sesuai. Alat, media dan sumber kurang relevan dan evaluasi/penilaian kurang sesuai dengan tujuan/sasaran yang mencapai. Dengan demikian, suasana pembelajaran kurang interaktif antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa, sehingga tujuan pembelajarannya pun kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayat, Hengki ArmezUNSPECIFIED
CorrectorLumbantoruan, JagarUNSPECIFIED
CorrectorMaestro, EsiUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 23 Apr 2024 03:54
Last Modified: 23 Apr 2024 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51339

Actions (login required)

View Item View Item