Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Berpusat pada Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa

Fachreza, Ardian (2023) Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Berpusat pada Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Ardian_Fachreza_19033147_241_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui effect size pengaruh pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa terhadap hasil belajar fisika siswa berdasarkan jenis pendekatan (pendekatan Saintifik & Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL)); mengetahui effect size pengaruh pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa terhadap hasil belajar fisika siswa berdasarkan unit materi fisika serta mengetahui effect size pengaruh pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa terhadap hasil belajar fisika siswa berdasarkan tingkatan kelas fisika. Telah banyak penelitian yang melakukan penelitian bagaimana dampak dari pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa terhadap hasil belajar siswa namun belum ada yang merangkum secara menyeluruh. Oleh karena itu digunakan metode meta analisis. Meta analis adalah penelitian Meta Analisis yang merangkum berbagai penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk menghitung Effect Size dari artikel yang diteliti menggunakan rumus Pre-Post Contras dan Group Contras. Berdasarkan hasil dan penelitian meta analisis dapat disimpulkan bahwa, pengaruh pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa sangat efektif terhadap terhadap hasil belajar fisika siswa berdasarkan jenis pendekatan saintifik dan pendekatan contextual teaching learning (CTL) dengan ukuran efek masing masing sebesar 1,484 dan 2,253 keduanya tergolong sangat tinggi. Selanjutnya pengaruh pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa terhadap hasil belajar fisika siswa berdasarkan materi pelajaran, memberikan pengaruh paling efektif pada materi Kinematika Gerak Lurus dengan ukuran efek sebesar 4,359 dan tergolong sangat tinggi. Pengaruh pengaruh pendekatan pembelajaran berpusat pada siswa terhadap hasil belajar fisika siswa berdasarkan Tingkatan kelas, memberikan pengaruh paling efektif pada kelas X dan kelas XI dengan masing masing ukuran efek sebesar 1,834 dan 1,502 dengan tergolong sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AmaliUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Apr 2024 03:34
Last Modified: 23 Apr 2024 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51328

Actions (login required)

View Item View Item