Motif Milenial Bukittinggi dalam Membantu UMKM (Studi Kasus: Ikomart.id)

Ananta, Chelly (2024) Motif Milenial Bukittinggi dalam Membantu UMKM (Studi Kasus: Ikomart.id). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_CHELLY_ANANTA_19058047_648_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan motif milenial Bukittinggi yang tergabung dalam Ikomart.id dalam membantu UMKM. Hal ini menarik diteliti karena pelaku UMKM bisa saja mendigitalisasikan usahanya sendiri dengan mengikuti video tutorial yang disebarkan oleh berbagai pengguna youtube ataupun pengguna tiktok. Para pelaku UMKM bisa mengandalkan smartphone sebagai media dalam mendigitalisasikan UMKM-nya. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori fenomenologi oleh Alfred Schutz yang membahas bagaimana orang menandai makna terhadap lingkungannya. Menurut Schutz motif dibagi atas dua tipe yaitu because of motive dan in order to motive. Because of motive adalah tindakan yang dilakukan oleh seseorang dapat dipengaruhi oleh alasan seseorang tersebut atau faktor apa saja yang dipengaruhi oleh seseorang tersebut, sedangkan in order to motive adalah motif ini muncul karena adanya tujuan yang ingin dicapai oleh seseorang atau aktor tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan tipe penelitian studi kasus. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan 8 orang informan. Pengambilan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua motif milenial Bukittinggi yang tergabung dalam Ikomart.id dalam membantu UMKM yaitu motif sebab (because of motive) dan motif tujuan (in order to motive). Motif sebab yang terdiri dari 1) Kesulitan pelaku UMKM dalam mengaplikasikan IT, 2) Kesadaran terhadap peran milenial sebagai agent of change. Motif tujuan yang terdiri dari 1) Meningkatkan Eksistensi UMKM Sumatera Barat, 2) Membuka lapangan pekerjaan yang baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafrini, DelmiraUNSPECIFIED
CorrectorHasmira, Mira HasriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MOTIF MILENIAL, UMKM, IKOMART.ID
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Apr 2024 03:33
Last Modified: 23 Apr 2024 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51324

Actions (login required)

View Item View Item